Pelajaran IPA dan Fisika Getaran Dan Gelombang

0
Bimbel Jakarta Timur | Bimbel Diah Jakarta Timur | WA : +6285875969990

Disini adalah penjelasan mengenai, apa itu getaran? apa itu gelombang? Bagaimana dalam kehidupan sehari-hari, dan apa saja sifat dari getaran dan gelombang tersebut?

Apa itu getaran?

Pernahkah ke pesta di mana musiknya sangat keras?, bisakah merasakan getaran musiknya? Orang sering suka meninggikan volume suara musik mereka dari mobil mereka di jalan raya, menyebabkan dengungan yang tidak meng-enakkan di kendaraan di dekatnya. Tapi, bagaimana musik dapat berpindah dari speaker seseorang dan menyebabkan getaran yang begitu kuat pada objek lain?

Untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita telusuri apa yang dimaksud dari kata vibrasi. Apa itu getaran? Di mana kita merasakannya? Apakah dalam senar gitar? Di trampolin? Bagaimana dengan simbal dalam drum set? Tanah saat gempa? Ini semua adalah contoh hal-hal yang mengalami getaran. Dalam setiap kasus, ada objek yang dimulai pada posisi istirahat, seperti simbal pada dudukannya, atau senar pada gitar. Gerak yang dilakukan oleh benda tersebut bersifat bolak-balik di atas posisi diam. 

Jadi : Getaran adalah gerakan bolak balik dalam suatu interval pada waktu tertentu.

Ketika sebuah objek bergetar, itu menunjukkan gerakan yang berulang di jalur yang sama secara  interval pada waktu tertentu.. Artinya, waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan satu siklus getaran selalu sama. Lihatlah sistem yang memiliki massa yang ditangguhkan dari pegas. Ketika sistem diam, massa hanya duduk di udara, meregangkan pegas sampai batas tertentu karena beratnya. Tetapi, jika seseorang menarik massa ke bawah sedikit dan melepaskannya, massa akan melompat ke atas, melewati posisi diamnya, dan kemudian bolak balik ke atas dan ke bawah pada frekuensi tertentu. Jika kita memplot posisinya sepanjang waktu, kita melihat bahwa ada sifat periodik ( interval pada waktu tertentu.) yang sangat teratur pada pergerakannya. Sifat ini paling baik direpresentasikan dalam bentuk gelombang.

Apa tiu Gelombang?

Ombak

Anak-anak kecil dapat membuat ombak sendiri dalam lompat tali dengan menciptakan getaran di salah satu ujungnya. Ketika mereka akan mulai melakukan lompat tali dalam posisi istirahat, lalu gerakkan salah satu ujungnya dengan cepat ke atas dan ke bawah. Mereka menciptakan gelombang yang merambat melalui tali dari satu ujung ke ujung lainnya. Jika mereka melakukannya berkesinambungan, ombak akan memantul dari ujung yang lain dan kembali ke tangan mereka.

Semua gelombang disebabkan oleh beberapa jenis getaran. Getaran menimbulkan gangguan pada medium yang menjadi sumber gelombang. Pikirkan tentang gelombang air yang terbentuk saat sesorang melempar batu ke dalam kolam. Batu yang mengenai permukaan menyebabkan air bergetar membentuk riak air. Getaran ini mempengaruhi air di sekitarnya, menciptakan gelombang yang bergerak keluar dari titik tumbukan batu.

Jadi: Gelombang adalah pengaruh dari getaran yang merambat melalui suatu medium dari satu tempat ke tempat lain. dan selama perambatannya gelombang membawa energi. 

Gelombang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Amplitudo - ketinggian bob di atas atau di bawah posisi setimbang. Semakin besar gangguan, semakin besar massa bergerak dari titik setimbangnya. Puncak adalah titik tertinggi di atas titik keseimbangan. Palung adalah titik terendah. Gelombang dengan energi yang lebih besar memiliki amplitudo yang lebih besar.

2. Panjang gelombang - jarak dari satu titik dalam gelombang ke titik berikutnya yang sesuai adalah panjang gelombang. Panjang gelombang memiliki panjang yang bervariasi dari yang sangat pendek (sepersejuta meter) sampai gelombang yang sangat (ratusan meter).

3. Frekuensi - seberapa sering getaran terjadi dari waktu ke waktu. Satuan frekuensi adalah hertz (Hz) atau siklus/detik. Frekuensi tinggi diukur dalam kiloHertz (kHz). Frekuensi pada AM radio dial 940 kHz adalah 940.000 siklus/detik. Frekuensi yang lebih tinggi diukur dalam Megahertz (MHz). Stasiun panggil FM pada 101 MHz adalah 101.000.000 siklus/detik. Jangkauan pendengaran manusia kira-kira 20 Hz – 20.000 Hz.

4. Kecepatan - Suara merambat melalui udara dengan kecepatan sekitar 330 m/s, atau 1200 km/jam, atau 740 mi/jam pada 0 derajat celcius. Jadi dibutuhkan sekitar 5 detik untuk suara menempuh jarak 1 mil, atau 3 detik untuk udara menempuh jarak 1 km. Dalam badai, perhatikan kilat dan hitung berapa detik suara itu sampai ke Anda. Bagi dengan 5 dan ini mendekati jumlah mil jauhnya sambaran petir, atau bagi dengan 3 untuk mendapatkan jarak dalam kilometer.

Penting

Amplitudo = perpindahan maksimum dari posisi setimbang (ini diukur dalam satuan yang berbeda tergantung pada jenis gelombangnya, misalnya jika gelombang di atas air diukur dalam meter)

Panjang gelombang, 'λ' (meter, m) = panjang satu gelombang lengkap

Perpindahan (meter, m) = jarak perpindahan partikel dari posisi setimbangnya

Periode, 'T' (detik, s) = waktu untuk menyelesaikan satu gelombang

Frekuensi, 'f' (Hertz, Hz) = jumlah gelombang per detik

Kecepatan gelombang, 'c' atau 'v' (m/s) = panjang gelombang / periode

Sudut fase (derajat atau radian) = posisi sepanjang gelombang. Satu siklus lengkap adalah 360 derajat (atau 2π)

Apa itu Gelombang Transversal?

Gelombang transversal adalah gelombang bergerak yang osilasinya tegak lurus terhadap arah gelombang atau jalur rambat. Dengan kata lain gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarnya tegak lurus dengan arah rambatnya membentuk gelombang sinus.

Apa itu Gelombang longitudinal?

Gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah getarnya searah dengan arah rambatnya.


Selanjutnya kita menuju soal-soal dan lengkap dengan pembahasannya

Soal Latihan Getaran Dan Gelombang Kelas 8


Tag:

pengertian getaran

jenis-jenis gelombang

gelombang transversal

gelombang longitudinal

frekuensi getaran adalah

amplitudo getaran adalah

rumus gelombang

getaran yang merambat disebut

contoh soal getaran dan gelombang beserta jawabannya

contoh soal getaran dan gelombang kelas 8

soal getaran dan gelombang kelas 8 pdf

contoh soal getaran gelombang dan bunyi beserta jawabannya kelas 10

soal getaran dan gelombang kelas 8 doc.

contoh soal getaran brainly

contoh soal getaran gelombang dan bunyi beserta jawabannya kelas 11

contoh soal getaran dan gelombang

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

Bimbel Jakarta Timur
Email: dkusumastuti76@gmail.com
Phone: +62895322288565
Url:
cash
Jl. Wijaya Kusuma I No.212, RT.1/RW.7, Malaka Sari
Jakarta, Jakarta Raya 13460

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !