Pelajaran IPA Kimia MOLALITAS DAN FRAKSI MOL

0
Bimbel Jakarta Timur | Bimbel Diah Jakarta Timur | WA : +6285875969990

Kemolalan atau molalitas adalah jumlah mol zat terlarut dalam 1 (satu) kg pelarut. Fraksi mol adalah perbandingan jumlah mol zat terlarut atau pelarut dengan jumlah mol larutan. Kemolalan dan fraksi mol merupakan sifat koligatif larutan, yaitu sifat larutan yang tidak bergantung pada jenis zat terlarut melainkan hanya pada konsentrasi partikel terlarutnya.


Molaritas adalah jumlah mol zat terlarut per liter larutan. Ini adalah pengukuran konsentrasi tertentu. Molaritas didefinisikan sebagai jumlah mol zat terlarut per satuan volume. Molaritas dilaporkan sebagai M (baca molar), yang merupakan mol zat terlarut/L larutan. Molaritas bergantung pada suhu karena volume kerapatan larutan biasanya berubah dengan suhu.

Molalitas adalah jumlah mol zat terlarut per kilogram pelarut. Pengukuran ini tidak bergantung pada suhu, karena massa tidak berubah dengan suhu. Satuannya dilambangkan dengan m, yang dibaca sebagai molal dan merupakan mol zat terlarut/kg pelarut.

Fraksi mol, seperti namanya, adalah perbandingan jumlah mol dalam larutan. Ini ditemukan dengan mengambil jumlah mol zat terlarut (atau pelarut) dibagi dengan jumlah total mol (zat terlarut + pelarut). Karena ini adalah pecahan, tidak ada satuan. Fraksi mol larutan harus berjumlah satu.

Mol adalah satuan SI dasar untuk mengukur jumlah zat. Satu mol terdiri dari sekitar 6,022 × 10^23 satuan dasar.

Mol adalah satuan yang sering digunakan dalam kimia. Reaksi kimia selalu disetarakan menggunakan mol reaktan dan produk. Konsentrasi larutan melibatkan mol zat terlarut. Beberapa contohnya adalah konsentrasi atau molaritas molar, molalitas, fraksi mol, kerapatan molar. Fraksi mol adalah cara lain untuk menyatakan konsentrasi.

Molalitas
Dalam larutan elektrolit adalah umum untuk membedakan antara pelarut (biasanya air) dan zat terlarut, atau zat terlarut, yang berdisosiasi menjadi ion. Untuk larutan-larutan ini, berguna untuk menyatakan komposisi dalam istilah molalitas, yang dinyatakan sebagai m, satuan yang sebanding dengan jumlah molekul zat terlarut yang tidak terdisosiasi (atau, sebagai alternatif, dengan jumlah ion) per 1.000 gram pelarut. Jumlah molekul atau ion dalam 1.000 gram pelarut biasanya sangat besar, sehingga molalitas didefinisikan sebagai jumlah mol per 1.000 gram pelarut.

Berikut adalah soal-soal dan Materi Pembahasan untuk membantu memahami perhitungan sifat-sifat tersebut.

Tag:

contoh soal fraksi mol
rumus molalitas dan contoh soal
pengertian molalitas
contoh soal molalitas dan fraksi mol
simbol fraksi mol
rumus fraksi mol
satuan fraksi mol
contoh soal fraksi mol
contoh soal fraksi mol beserta jawabannya
contoh soal molalitas
soal pilihan ganda molalitas
berikan 3 contoh perhitungan molalitas
cara mencari fraksi mol
cara menghitung molalitas
contoh soal molaritas beserta jawabannya

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

Bimbel Jakarta Timur
Email: dkusumastuti76@gmail.com
Phone: +62895322288565
Url:
cash
Jl. Wijaya Kusuma I No.212, RT.1/RW.7, Malaka Sari
Jakarta, Jakarta Raya 13460

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !