Pelajaran Matematika DIMENSI TIGA

0

Pelajaran Bimbel Jakarta Timur
 Dimensi tiga yaitu bangun dengan ukuran yang terdiri atas panjang, lebar dan tinggi. Dimensi tiga juga sering disebut juga dengan bangun ruang.


Bentuk Dimensi Tiga

Bentuk Dimensi Tiga adalah benda padat yang terdiri dari 3 dimensi yaitu - panjang, lebar, dan tinggi. Dimensi Tiga dalam kata bentuk Dimensi Tiga berarti tiga dimensi. Setiap bentuk geometris Dimensi Tiga menempati beberapa ruang berdasarkan dimensinya dan kita dapat melihat begitu banyak bentuk Dimensi Tiga di sekitar kita dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa contoh bentuk Dimensi Tiga adalah kubus, balok, kerucut, dan silinder.


Definisi Dimensi Tiga

Bentuk Dimensi Tiga adalah benda padat atau benda yang memiliki tiga dimensi (yaitu panjang, lebar, dan tinggi), berbeda dengan benda dua dimensi yang hanya memiliki panjang dan lebar. Istilah penting lainnya yang terkait dengan bentuk geometris Dimensi Tiga adalah bidang, tepi, dan simpul. Mereka memiliki kedalaman sehingga mereka menempati beberapa volume. Beberapa bentuk Dimensi Tiga memiliki bagian dasar dan atas atau penampang sebagai bentuk 2D. Misalnya, kubus memiliki semua bidang dalam bentuk persegi. Sekarang kita akan belajar tentang setiap bentuk Dimensi Tiga secara rinci. Bentuk Dimensi Tiga diklasifikasikan ke dalam beberapa kategori. Beberapa dari mereka memiliki permukaan melengkung; ada pula yang berbentuk limas atau prisma.

Contoh Kehidupan Nyata dari Bentuk Geometris Dimensi Tiga

Dalam matematika, kita mempelajari objek 3 dimensi dalam konsep benda padat dan mencoba menerapkannya dalam kehidupan nyata. Beberapa contoh nyata dari bentuk Dimensi Tiga ditunjukkan di bawah ini yaitu bola sepak, kubus, ember, dan buku.

Contoh Kehidupan Nyata dari Bentuk Dimensi Tiga

Jenis Bentuk Dimensi Tiga

Ada banyak bentuk Dimensi Tiga yang memiliki dasar, volume, dan luas permukaan yang berbeda. Mari kita bahas satu per satu.

Bola

Sebuah bola berbentuk bulat. Ini adalah bentuk geometris Dimensi Tiga yang memiliki semua titik di permukaannya yang berjarak sama dari pusatnya. Planet Bumi kita menyerupai bola, tetapi tidak demikian. Bentuk planet kita adalah bulat. Sebuah bola menyerupai bola tetapi jari-jari bola dari pusat ke permukaan tidak sama di semua titik. Beberapa karakteristik penting dari bola adalah sebagai berikut.

  1. Bentuknya seperti bola dan simetris sempurna.
  2. Memiliki jari-jari, diameter, keliling, volume, dan luas permukaan.
  3. Setiap titik pada bola berada pada jarak yang sama dari pusat.
  4. Memiliki satu bidang, tidak ada tepi, dan tidak ada simpul.
  5. Ini bukan polihedron karena tidak memiliki bidang datar.

Kubus dan Kuboid (bentuk Kubus)

Kubus dan balok adalah bentuk Dimensi Tiga yang memiliki jumlah Bidang, simpul, dan tepi yang sama. Perbedaan utama antara kubus dan kubus adalah bahwa kubus memiliki enam Bidang persegi dan sebuah kubus memiliki keenam Bidang dalam bentuk persegi panjang. Sebuah kubus dan sebuah balok menempati volume yang berbeda dan memiliki luas permukaan yang berbeda. Panjang, lebar, dan tinggi sebuah kubus adalah sama, sedangkan untuk sebuah balok, panjang, tinggi, dan lebarnya berbeda.

Silinder

Silinder adalah bentuk Dimensi Tiga yang memiliki dua Bidang melingkar, satu di atas dan satu di bawah, dan satu permukaan melengkung. Sebuah silinder memiliki tinggi dan jari-jari. Tinggi silinder adalah jarak tegak lurus antara permukaan atas dan bawah. Beberapa fitur penting dari silinder tercantum di bawah ini.

  1. Memiliki satu Bidang melengkung.
  2. Bentuknya tetap sama dari dasar ke atas.
  3. Objek tiga dimensi dengan dua ujung identik yang berbentuk lingkaran atau oval.
  4. Sebuah silinder di mana kedua alas melingkar terletak pada garis yang sama disebut silinder siku-siku. Sebuah silinder di mana satu alas ditempatkan jauh dari yang lain disebut silinder miring.
  5. Silinder bentuk geometris Dimensi Tiga

Kerucut

Kerucut adalah bentuk Dimensi Tiga lain yang memiliki dasar datar (yang berbentuk lingkaran) dan ujung runcing di bagian atas. Ujung runcing di bagian atas kerucut disebut 'Apex'. Sebuah kerucut juga memiliki permukaan melengkung. Mirip dengan silinder, kerucut juga dapat diklasifikasikan sebagai kerucut melingkar kanan dan kerucut miring.

  1. Kerucut memiliki dasar melingkar atau oval dengan puncak (simpul).
  2. Kerucut adalah segitiga yang diputar.
  3. Berdasarkan bagaimana puncak sejajar dengan pusat alas, kerucut kanan atau kerucut miring terbentuk.
  4. Kerucut di mana puncak (atau ujung runcing) tegak lurus dengan alas disebut kerucut melingkar siku-siku. Kerucut di mana puncaknya terletak jauh dari pusat alas disebut kerucut miring.
  5. Sebuah kerucut memiliki tinggi dan jari-jari. Terlepas dari tingginya, kerucut memiliki ketinggian miring, yang merupakan jarak antara puncak dan setiap titik pada keliling alas lingkaran kerucut.
  6. Kerucut bentuk geometris Dimensi Tiga

Torus

Torus adalah bentuk Dimensi Tiga. Itu dibentuk dengan memutar lingkaran yang lebih kecil dengan jari-jari (r) di sekitar lingkaran yang lebih besar dengan jari-jari yang lebih besar (R) dalam ruang tiga dimensi.

  1. Torus adalah cincin biasa, berbentuk seperti ban atau donat.
  2. Tidak memiliki tepi atau simpul.
  3. Torus bentuk geometris Dimensi Tiga

Piramida

Piramida adalah polihedron dengan dasar poligon dan puncak dengan tepi lurus dan Bidang datar. Berdasarkan keselarasan puncaknya dengan pusat pangkalan, mereka dapat diklasifikasikan menjadi piramida reguler dan miring. Piramida dengan:

  1. Basis segitiga disebut Tetrahedron
  2. Basis segi empat disebut piramida persegi
  3. Basis segi lima disebut piramida segi lima
  4. Basis segi enam biasa disebut piramida heksagonal

Prisma
Prisma adalah benda padat dengan ujung poligon identik dan sisi jajar genjang datar. Beberapa ciri-ciri prisma adalah:

  1. Memiliki penampang yang sama sepanjang panjangnya.
  2. Berbagai jenis prisma adalah - prisma segitiga, prisma persegi, prisma segi lima, prisma segi enam, dll.
  3. Prisma juga secara luas diklasifikasikan menjadi prisma beraturan dan prisma miring.
  4. Jenis Prisma

Selanjutnya, mari kita belajar tentang bentuk 3 dimensi dengan polihedron biasa (padatan platonik).

Polihedron
Polihedron adalah bentuk Dimensi Tiga yang memiliki bidang poligonal seperti (segitiga, persegi, segi enam) dengan tepi dan simpul lurus. Ini juga disebut padatan platonis. Ada lima polihedron biasa. Sebuah polihedron biasa berarti, semua bidang terlihat sama. Misalnya, kubus memiliki semua bidang dalam bentuk persegi. Beberapa contoh lagi polihedron biasa diberikan di bawah ini:

  1. Tetrahedron dengan empat bidang segitiga sama sisi
  2. Octahedron dengan delapan bidang segitiga sama sisi
  3. Dodecahedron dengan dua belas bidang segi lima biasa
  4. Icosahedron dengan dua puluh bidang segitiga sama sisi
  5. Kubus dengan enam bidang persegi (juga dikenal sebagai segi enam)
Demikian keterangan singkat tentang Dimensi Tiga, untuk selanjutnya adalah soal dan pembahasannya:

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

Bimbel Jakarta Timur
Email: dkusumastuti76@gmail.com
Phone: +62895322288565
Url:
cash
Jl. Wijaya Kusuma I No.212, RT.1/RW.7, Malaka Sari
Jakarta, Jakarta Raya 13460

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !